Selasa, 22 Juli 2014

Manfaat Mudik Di Hari Raya Idul Fitri

 


 Sebentar lagi umat islam akan merayakan hari kemenangan yaitu  idul fitri,hari yang di tunggu tunggu selama satu bulan,dan mudik adalah dari kata mau ke udik (pulang kampung).
pengertian mudik adalah seorang perantau / pekerja yang ada di kota / luar negeri,akan kembali lagi di kampung halaman nya untuk ber kumpu ber sama keluarga nya,untuk maaf maafan baik keluarga,kerabat,teman untuk meraya kan hari raya idul fitri,



1. Terjalinnya hubungan silaturrahmi dengan keluarga, saudara, dan teman di kampung halaman.
2. Terjadinya perputaran uang dari kota ke desa sehingga terjadi pemerataan perekonomian tidak hanya berpusat di kota besar saja.
3. Terjadinya hubungan sosial diantara kita. Biasanya di hari lebaran (Idul Fitri) kita yang punya harta lebih memberikan hartanya ke saudara atau tetangganya yang lain yang membutuhkan.
4. Membawa berkah dengan peningkatan pendapatan di sektor transportasi, industri jasa pariwisata, telekomunikasi, tekstil, peralatan rumah tangga, elektronik, otomotif, asuransi dan lain sebagainya.
5. Dan yang pasti syiar Islam lebih terasa dengan adanya mudik. Apalagi pada saat shalat Idul Fitri hampir semua masjid dan lapangan tempat Shalat Ied penuh.

Sebagian pemimpin takbir sesekali melantunkan takbir dengan bacaan yang sangat panjang. Berikut lafadznya :

الله أكبر كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَلَا نَعْبُدُ إلَّا إيَّاهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ لَا إلَهَ إلَّا 
اللَّهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ

Ibnul mulaqin menyebutkan : “takbiran sesudah shalat wajib dan yang lainnya, untuk takbiran idul fitri maka tidak dianjurkan untuk dikerjakan setelah shalat, menurut pendapat yang lebih kuat. ” ( al i’lam bi fawaid umadatil ahkam : 4/259 )

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar